MANAJEMEN PENGETAHUAN

Manajemen Pengetauhuan atau Knowledge Management (KM) menjadi hal yang penting bagi setiap organisasi tak luput juga sebuah bisnis pendidikan. Hal tersebut guna memberikan kontribusi bagi internal organisasi untuk saling bertukar pikiran dalam menghasilkan inovasi sehingga bisa memberikan nilai tambah baik secara individu, kelompok atau organisasi itu sendiri.

Knowledge Management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi/perusahaan untuk mengindenfitikasi, menciptakan, menjelaskan dan mendistribusikan perngetahuan untuk digunakan kembali, diketahui dan dipelajari di dalam organisasi. 

A. Knowledge atau Pengetahuan

    Knowledge atau pengetahuan dapat dibagi menjadi dua, yaitu : Explicit Knowledge pengetahuan yang tertulis, terarsip, tersebar (cetak maupun elektronik) dan bisa sebagai bahan pembelajaran (reference) untuk orang lain itu adalah bentuk explicit knowledge. Tacit Knowledge pengetahuan yang berbentuk know-how, pengalaman, skill, pemahaman, maupun rules of thumb  itu semua adalah tacit knowledge.

B. Penerapan Manajemen Pengetahuan pada lingkungan kerja 

    Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Barat mempunyai pendapatan yang diperoleh dari pemungutan Retribusi pada Lokasi Binaan (Lokbin) dan Lokasi Sementara (loksem) di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat. Pelaksanaan pembayaran retribusi masih manual (karcis retribusi) dan belum menerapkan sistem informasi. Upaya peningkatan kualitas ini perlu menjadi perhatian khusus, maka diharapkan sistem baru ini dapat menghasilkan suatu perancangan yang dapat memudahkan kantor Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam melakukan pelaksanaan pembayaran retribusi.

Maka, diperlukan cara yang dapat mengintegrasikan pengetahuan itu dalam kerangka pengembangan SDM dalam organisasi. Dari sinilah istilah manajemen pengetahuan berkembang sebagai suatu bagian penting dan strategis dalam pengelolaan SDM pada perusahaan/organisasi.

    Jennex dan Olfman (2002)[11] menunjukkan umpan balik ini dalam KM model mereka berhubungan, OM, pembelajaran organisasi, dan efektivitas, seperti yang ditunjukkan pada Gambar diatas. Sistem Informasi terstruktur adalah urat nadi dari proses pelayanan pada Sudin PPKUKM karena menghasilkan suatu sistem pelayanan pembayaran retribusi. Oleh karena itu produktivitas sistem menjadi satu tolok ukur keberhasilan sebuah sistem pelayanan pembayaran retribusi.

REFERENSI : 


10 pertanyaan tentang Manajemen Pengetahuan :
1. Sebutkan perbedaan data, informasi dan pengetahuan!
2. Apa saja faktor pendorong dari manajemen pengetahuan?
3. Apa perbedaan tacit dan explicit knowledge?
4. Sebutkan jenis-jenis pengetahuan!
5. Sebutkan Kalsifikasi dalam KM solution!
6. Sebutkan mekanisme sosialisasi pengetahuan dalam organisasi!
7. Apa yang dimaksud dengan pilar organisasi pembelajaran?
8. Jelaskan mengapa manajemen pengetahuan yang buruk mengurangi efektivitas atau proses organisasi
9. Tiga dimensi apa yang relevan untuk menguji dampak pengetahuan manajemen pada proses bisnis?
10. Sebutkan pengaruh yang terjadi dalam proses KM!

 

 

 


Komentar

  1. 1. Sebutkan perbedaan data, informasi dan pengetahuan!
    Data merupakan fakta kejadian nyata, sedangkan informasi adalah data yang telah diolah sehingga memberikan arti, pengetahuan adalah informasi yang lebih bernilai memiliki tingkatan lebih tinggi.
    2. Apa saja faktor pendorong dari manajemen pengetahuan?
    Jaringan intensitas, globalisasi dan intesitas informasi
    3. Apa perbedaan tacit dan explicit knowledge?
    Tacit Knowledge
    Kemampuan untuk beradaptasi, mengahadapi situasi baru dan luar biasa Keahlian, tahu-bagaimana, tahu-kenapa, dan peduli-kenapa Kemampuan untuk bekerja sama, berbagi visi, dan mengirim budaya Pelatihan dan menasehati untuk memindahkan pengetahuan pengalaman dalam satu ke satu, dasar tatap muka

    BalasHapus
  2. saya Muhammad Noor Ilham saya akan menjawab soal nomer 4 & 5

    4. Sebutkan jenis-jenis pengetahuan!
    Tacit Vs Explisit, general vc spesifik, deklaratif dan prosedural

    5. Sebutkan Kalsifikasi dalam KM solution!
    Sistem Manajemen Pengetahuan dapat diklasifikasikan menjadi empat:
    a. Sistem Penemuan Pengetahuan
    b. Sistem Pengambilan Pengetahuan
    c. Sistem Berbagi Pengetahuan
    d. Sistem Aplikasi Pengetahuan.

    BalasHapus
  3. 6. Sebutkan mekanisme sosialisasi pengetahuan dalam organisasi?
    Jawab:
    - Informasi yang benar
    - Diwaktu yang tepat
    - Ditempat yang tepat
    7. Sebutkan 5 komponen utama dari KM Infrastruktur ?
    Jawab:
    - budaya organisasi
    - struktur organisasi
    - Infrastruktur teknologi informasi organisasi
    - pengetahuan umum, dan
    - lingkungan fisik

    8. Apa aspek kunci dari lingkungan fisik ?
    Jawab :
    - desain bangunan dan pemisahan di antara mereka
    - lokasi, ukuran, dan jenis kantor
    - jenis, jumlah, dan sifat ruang pertemuan; dan seterusnya.

    BalasHapus
  4. Sebutkan pengaruh yang terjadi dalam proses KM!

    Jawab: pengaruh yang terjadi dalam proses knowledge management yaitu knowledge management berpengaruh terhadap inovasi, namun inovasi tidak mempunyai pengaruh terhadap kinerja. Noviyanti dan Mulyanto(2015)

    BalasHapus

Posting Komentar